uh tik
1.Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen. Sebutkan
kedelapan elemen tersebut!
JWB:
1. TIK
2. BK
3. SK
4.JKI
5.AD
6. AP
7. DSI
8. PLB
2.Apakah siswa atau peserta didik dapat memahami konsep dan
implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna dengan tidak
menggunakan Komputer? Jelaskan pendapat kamu dalam bentuk kalima
JWB:
Ya bisa karena dengan memerankan diri sebagai komputer atau
robot, kita mengalami dan memahami fungsi sistem komputasi.
3.Sebutkan 6 prinsip yang perlu dipahami oleh siswa atau
peserta didik dalam mempelajari Informatika!
JWB:
1.Informatika didasari berpikir komputasional (computational
thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting
dalam belajar
2.Informatika bukan hanya memakai komputer, tetapi juga
memakai aplikasi. Informatika adalah salah satu cabang ilmu seperti halnya
matematika, biologi, dan ekonomi.
3.Informatika terdiri atas konsep dan praktik, dikemas dalam
aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang
menyenangkan, bermakna, dan berkesan.
4
5Semua pelajaran dalam kurikulum Indonesia ditujukan untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Apa definisi Profil Pelajar Pancasila? Rumusan Profil Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” Pernyataan ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompetensi global, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, Sebutkan keenam dimensi Profil pelajar pancasila tersebut!
JWB:berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.
6 Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan
sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila? Tuliskan jawabanmu
dalam bentuk kalimat dan jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan dalam
kegiatan sehari-hari!
JWB:Sehari hari saya datang ke sekolah untuk belajar setelah itu saya pulang ke rumah untuk istirahat
7.Proyek apa yang sudah kalian kerjakan dari guru INFORMATIKA
secara berkelompok?
JWB:Membuat slide prensentasi
8. Apakah
kalian telah menerapkan berpikir komputasional (BK) untuk menyelesaikan
persoalan persoalan sehari-hari? Tuliskan dalam bentuk kalimat dan berikan
contoh-contohnya!
JWB: Mengitung kecepatan mobil dan waktu untuk sampai ke tempat tujuan
9Tuliskan lebih dari tiga aplikasi perkantoran yang sudah
kamu kuasai!
JWB:
1excel
2word
3powerpoint
10.Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja yang sudah kalian kerjakan di blog? Tuliskan alamat blog kamu!
JWB:
3 tugas https://www.blogger.com/blog/posts/3016551300682886945?pli=1
11.Dalam proses belajar, tentunya kalian akan diminta mengerjakan soal[1]soal, membuat artefak komputasional, membuat program, atau karya-karya lainnya. Guru akan menilai jawaban dan hasil karya kalian. Sebagai contoh, sebuah laporan, infografis atau poster akan dinilai baik, bukan hanya dari tampilannya, tetapi juga dari makna, kebenaran, dan akurasi isinya. Konten yang salah dan tersebar, dapat membentuk pengetahuan yang salah buat banyak orang. Ini ibarat menebar virus jahat yang merusak kehidupan. Konten yang tidak presisi atau tidak akurat, akan berpotensi menimbulkan interpretasi yang salah dan membuat orang lain bertindak salah. Selain konten, sajian juga penting karena di zaman sekarang, orang tidak hanya peduli ke isi, tetapi juga kepada “kemasan”, keindahan kemasan. Format tampilan bukan hanya akan menarik minat pembaca, tetapi juga dapat memperjelas, mempermudah pemahaman dan memperkuat isinya. Proses kalian menghasilkan karya sehingga lebih efisien dan dapat diselesaikan tepat waktu, membutuhkan pemikiran sebelum bekerja. Buatlah sebuat cover buku bagian depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8! Buatlah dengan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai!13.Setelah mempelajari setiap elemen Informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Kalau dapat, silahkan dibuatkan peta konsepnya dari sudut pandangmu sendiri!
Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan dari 8 elemen informatika? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas dan kalimat yang jelas!.
14.Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-sehari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajari di kelas VII? Elemen apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?
15.Salah satu aspek penting informatika adalah mengorganisasi data agar menjadi informasi yang berguna. Hal ini akan kalian praktikkan, dengan mengorganisasi dan menyimpan data tentang kegiatan belajar sepanjang tahun, melalui jurnal kegiatan. Jurnal kegiatan akan dikumpulkan secara teratur dan konsisten sepanjang tahun, membentuk Buku Kegiatan Peserta Didik. Jadikanlah Buku Kegiatan Peserta Didik sebagai album kenangan yang merekam semua pengalaman kalian belajar Informatika! Buatlah sebuah album dengan Microsoft power point yang berisi jadwal mata pelajaran kamu dari hari Senen sampai Jumat!
16.Ibunda atau ibu kalian memberi uang Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) untuk membeli gula pasir. Kalian pergi ke warung TERDEKAT membawa uang dan kalian kembali membawa gula (dan uang kembalian, jika Bunda memberi uang melebihi harga gula). Karena kalian sudah SMP dan sudah “teruji” pergi ke warung untuk membeli gula pasir yang diminta Bunda, Bunda tidak perlu merinci kepergian kalian ke warung. Hal yang penting, kalian berangkat dengan membawa uang dan kembali dengan membawa gula pasir sesuai pesan Bunda, serta uang kembalian jika memang bersisa. Contoh yang terakhir ini lebih dekat dengan konsep algoritma, dimana Bunda memberi kalian instruksi untuk membeli gula PASIR, dan karena kalian memahami instruksinya, kalian dapat melakukannya, yaitu “menukar” uang dengan gula pasir. Jika harga gula PASIR sebungkus Rp. 30.000, berapa bungkus gula kalian dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian kembalikan kepada Ibunda atau Ibu?
18.Banyak hal dalam kehidupan sehari-hari dapat direpresentasikan dalam bentuk himpunan. Kita dapat mengambil kesimpulan dari pengolahan himpunan. Mari, kita lihat contoh sederhana berikut ini. Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambutan, mangga, duku, dan buah naga. Seseorang bertanya kepada kalian dua buah pertanyaan. Pertanyaan pertama, “Buah apa sajakah yang disukai adik atau kakak?” Pertanyaan kedua, “Buah apa sajakah yang disukai adik dan kakak?” Tentunya, jawaban kalian berbeda. Untuk menjawab dua buah pertanyaan tersebut, kalian dapat menuliskan himpunan buah kesukaan adik dan kakak. Buah kesukaan adik = {jeruk, mangga, jambu}. Buah kesukaan kakak = {rambutan, mangga, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan pertama, kalian perlu mencari hasil gabungan dari kedua himpunan tersebut yang menghasilkan himpunan baru, yaitu {jeruk, mangga, jambu, rambutan, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan kedua, kalian perlu mencari irisan dari kedua himpunan tersebut, yaitu {mangga}. Buatlah gambar dalam bentuk power point yaitu irisan buah kesukaan adik, buah kesukaan kakak, buah kesukaan adik atau kakak, dan buah kesukaan adik dan kakak!
19.Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kalian sering menemukan Langkah-langkah untuk mencapai sesuatu, misalnya langkah-langkah untuk memasak mie instan. Kumpulan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah permasalahan itulah yang disebut algoritma. Tolong tuliskan langkah-langkah KAMU dalam membuat mie goreng!
Comments
Post a Comment